Wednesday, January 21, 2009

Virus Amburadul

Sudah hampir seminggu ini PC di rumah terinfeksi virus lokal menyebalkan. Virus tersebut nyangkut di flashdisk yang sempet dicolok di warnet deket rumah, 15 Januari lalu. Virus tersebut memunculkan beberapa file mencurigakan yang memiliki icon JPEG tetapi sebenarnya berekstensi .exe (aplication) serta folder dengan ekstensi .exe. Nama-nama file tersebut adalah di antaranya:
  1. J3mbatanK4Hayan.exe
  2. My Images.exe
  3. PalMa.exe
  4. Friendster Community.exe
  5. New Folder.exe
  6. SSCVIHOST.exe
  7. folder Images
  8. file Autorun.inf.

Mulanya discan dengan Ansav antivirus terbaru terdeteksi sebagai 'suspected virus', hanya bisa diquarantine, tidak bisa diclean. Dengan PCMAV 1.9 edisi November 2008, Virus Amburadulnya terdeteksi, sehingga bisa diclean. Setelah itu, aku scan ulang PC pake PCMAV 1.9 tersebut dan PCku dinyatakan bebas virus. Yesss..

Tapi ternyata, beberapa file system di Windows banyak yang dibikin kacau oleh si virus sehingga file-file berekstensi .exe tidak bisa dibuka dengan cara biasa, tetapi bisa dibuka dengan cara klik kanan file tersebut, lalu klik 'Run As'. Control Panel tidak bisa diakses. Heuhh..

Paginya, ketika adekku mau pake PC untuk bikin presentasi seminar TA, begitu login langsung masuk My Document. Desktop lumpuh dan Start Menu kagak ada. Langsung aja aku coba restart, siapa tau biasa dibalikin ke 'Last Known Good Configuration'. Eh, ga bisa. Keyboard seakan ikutan lumpuh sehingga ujung-ujungnya masuk lagi ke Windows dan terulanglah hal yang tadi kusebutkan.

Hari ini (21 Januari 2009), aku coba ubah cara start up dari msconfig.exe dari semula Normal Start Up menjadi Diagnostic Start Up. Eh, tetep aja keyboard lumpuh pas booting Windows. Malahan sekarang msconfig.exe ga bisa dijalankan, Printer ga kedetect. Pokoke tambah parah lah. Mau instal ulang juga gimana yaa..cara bootingnya aneh..Mau servis apalagi. Mesti ntar tukang servisnya bilang yang aneh-aneh, bilang hardisknya rusak, memorinya rusak..Huaa..(pengalaman selalu begitu, jadi selama bisa diatasin sendiri mending ga buru-buru calling tukang servis)

Berharap semuanya cepat teratasi..:)

3 comments:

beat2ws said...

Waduh, jangan2 nular ke PC ku, kabuuuurr....
Saaallaammm keenaaaal....
Hehe

Lia Sweety said...

Salam kenal juga..
Alhamdulillah dah sembuh berkat disket pancingan (ga ada isi file apa2). Aneh juga siy..

Jual pulsa online said...

terima kasih iya gan infonya
login balik iya