Wednesday, August 24, 2005

Bukan Apel, Tapi Apel

Hai, ni ada artikel tentang buah APEL. Pengin neliti tentang apel, tapi udah banyak kali ya....

APEL dikenal sebagai sumber mineral kalium dalam jumlah sedang, selain rendah mineral natrium, energi/kalori, dan vitamin C. Apel segar berikut kulitnya yang berdiameter sekitar 7 cm dan berat 138 gram, menyediakan kalium 159 mg, natrium 1 mg, energi 81 Kal, dan vitamin C 8 mg.

Namun, di samping mengandung zat-zat gizi, apel juga mengandung sejumlah zat nirgizi (zat selain zat gizi) atau zat fitokimia yang saratdenganmanfaat bagi kesehatan. Penelitian mutakhir menunjukkan, makanan apel dapat membantu melindungi paru-paru dari ancaman polusi udara dan asap rokok. Kuncinya adalah zat fitokimia yang ada pada apel.

Kuersetin
Dr Barbara Butland bersama kolega-koleganya dari The Medical School ofSt. George's Hospital, London, Inggris, meneliti fungsi paru-paru 2.500 lebih laki-laki berumur 45-59 tahun yang berasal dari daerah Wales.

Butland beserta tim penelitinya mengukur banyak udara yang dapat diembuskan oleh sejumlah laki-laki tersebut dalam satu detik. Mereka dimintapula mengisi formulir daftar pertanyaan seputar riwayat kesehatan, gayahidup,dan kebiasaan makan mereka. Lima tahun kemudian responden-responden tersebut kembali diminta untuk melakukan prosedur penelitian yang sama. Hasilnya? Laki-laki yang memiliki kebiasaan makan apel minimal lima buah per minggu ternyata mempunyai fungsi paru-paru lebih baik daripada yang tidak memiliki kebiasaan itu. Mengonsumsi apel lima buah per minggu dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sebanyak 138 mililiter.

Para peneliti berpendapat bahwa yang bertanggung jawab terhadap efek menyehatkan dari apel adalah antioksidan yang terdapat dalam apel. Antioksidan adalah zat pencegah oksigen bergabung dengan zat lain untuk menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Apel, sebagaimana sudah dipaparkan di muka, mengandung vitamin C yang telah lama diketahui sebagai zat gizi antioksidan. Namun, bukan hanyavitamin C yang memberikan efek perlindungan terhadap penurunan fungsiparu-paru selama periode penelitian tersebut. Kuersetin (quercetin), zat fitokimia antioksidan yang dijumpai pada apel dalam kadar tinggi, justrudianggap lebih berperan penting.

Kuersetin adalah salah satu zat aktif kelas flavonoid yang secara biologis amat kuat. Bila vitamin C mempunyai aktivitas antioksidan 1, maka kuersetin memiliki aktivitas antioksidan 4,7.
Flavonoid merupakan sekelompok besar antioksidan bernama polifenol,yang terdiri atas antosianidin, biflavon, katekin, flavanon, flavon, dan flavonol.Sedang kuersetin termasuk dalam keluarga flavonol.

Flavonoid dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas-molekul tak stabil yang timbul karena proses kimia normal tubuh dan pengaruh lingkungan lain, seperti polusi udara dan asap rokok. Kuersetin dapat membantu melindungi kerusakan sel paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara dan asap rokok.

Riset sebelumnya (sebuah studi epidemiologis Finlandia) menunjukkan,asupan (intake) kuersetin, yang terutama berasal dari apel dan bawang merah,berhubungan terbalik dengan risiko kematian akibat penyakit jantung danpembuluh darah. Artinya makin tinggi asupan kuersetin, makin rendah angkakejadian kematian karena penyakit jantung.
Riset yang dilakukan oleh Michael GL Hertog PhD dari Institut KesehatanMasyarakat dan Perlindungan Lingkungan Nasional, Belanda, menunjukkanbahwa apel segar (berikut kulitnya) mengandung kuersetin 17-55 mg. Kadar itu lebih tinggi dibandingkan dengan saus apel (18-22 mg) dan jus apel (2,5 mg/L).

Generasi baru
Di samping kuersetin, apel pun mengandung zat-zat fitokimia lain yang mempunyai aktivitas antikanker, yakni asam elagat, asam kafeat, asam klorogenat,dan glutation (glutathione).
Tiap 100 gram apel utuh segar dan jus apel segar terkandung asam elegat,asam kloregenat dan asam kafeat secara keseluruhan kira-kira 100-130 mg.Sementara glutation sebanyak 21 mg dapat ditemukan dalam setiap 100 gram apel segar.

Asam elagat berperan sebagai "obat" antikanker generasi baru, dengan aksi utama melindungi kromoson dari kerusakan dan menghambat aksi dari banyak polutan (bahan cemaran lingkungan) yang mencetuskan kanker.

Hasil penelitian menunjukkan, asam elagat dapat menghambat pengaruh beberapa senyawa pencetus kanker pada asap rokok-dikenal secara kolektif sebagai PAH (polycylic aromatic hydrocarbons), termasuk bahan-bahan kimiaberacun seperti benzopyrene.

Sementara glutation, zat fitokimia antioksidan penting dalam tubuh, adalahbahanantikanker penting yang dapat membantu efek racun dari logam berat, sepertitimah hitam. Zat tersebut juga dapat mengeliminasi pestisida dan bahan pelarut. Adanya asam elagat bersama-sama dengan glutation dapat meningkatkan daya kerja glutation.

Lebih baik segar
Untuk memperoleh manfaat apel yang optimal bagi kesehatan tubuh, bentuksediaannya perlu diperhatikan. Apel segar umumnya lebih baik daripada yang sudah diolah. Riset menunjukkan bahwa kandungan dari banyak senyawa antikanker apel dijumpai lebih tinggi pada apel dalam keadaan segar dibandingkan dengandalam keadaan telah diolah/dimasak. Pada tiap 100 gram apel utuh segar dan jus apel segar terdapat asam elagat, asam klorogenat dan asam kafeat sebanyak 100-130 mg, tetapi konsentrasi ketiga senyawa itu nol atau mendekati nol pada produk apel yang sudah diolah.

Demikian pula halnya dengan glutation dan kuersetin. Apel segar mengandung glutation 21 mg setiap 100 gramnya, sedangkan apel yang telah diolah nol.Konsentrasi flavonoid, termasuk kuersetin, dalam makanan yang diproses lebihrendah 50 persen daripada produk segarnya.

Untuk mendapatkan mutu buah apel terbaik, beberapa kiat berikut dapat dilakukan. Pilihlah apel yang keras dan bebas dari kerus-kerut, bintik-bintik lembek,dan area-area 'memar'. Simpanlah apel dalam lemari pendingin. Apel yang disimpan pada suhu kamarakan cepat busuk menyerupai tepung. Dengan menyimpan dalam lemari pendingin,apel akan tetap segar selama dua minggu atau lebih, tergantung padavarietasnya.(Nurfi Afriansyah, peneliti pada Puslitbang Gizi, Bogor).

No comments: