Monday, April 06, 2009

Demam Facebook vs Kinerja

Saya menyukai tulisan duo Eileen Rachman dan Sylvina Savitri dari EXPERD yang dimuat di halaman depan Klasika KARIER Kompas yang hadir khusus tiap Sabtu.


Tulisan mereka memberi warna pada hari Sabtu saya setelah membolak-balik halaman klasika KARIER yang lebih sering membuat saya nyengir pada orang rumah yang bertanya pada saya, " Ada nggak??" hehe.. Tersindir? Kadang. Tapi bukankah sindiran sering lebih mengena daripada peringatan bermakna denotasi (bagi yang ga 'dong-dong' loh ya)? Tulisan mereka selalu terfokus pada produktivitas dan profesionalisme kerja, yang dipaparkan dalam bahasa yang tidak menggurui, enak dibaca dan selalu up to date.


Tulisan 1 minggu yang lalu, benar-benar saya suka. Bertajuk 'Ping'. membahas tentang trend para profesional tua-muda yang keranjingan gadget agar senantiasa terhubung dengan jejaring sosial. Disebutkan Eileen dan Sylvina kurang lebihnya "Baru menekuni tugas kantor sebentar, perhatian sudah teralih ke bunyi 'Ping!' yang berasal dari YM, chat Facebook (ini yang lagi ngetrend bgt sampai saya juga ikut-ikutan tapi belum sampai tahap addicted :p) , dan aplikasi sejenisnya.


Duo EXPERD ini mengingatkan bahwa 'Ping' yang menginterupsi itu ga sekedar membuang waktu (banyak-sedikit tergantung se-addicted apakah orang itu, hehe), tapi juga fokus kita pada tugas yang sedang ditekuni. Yah memang sih, harusnya kita tanya ke diri kita sendiri, seberapa perlu kita selalu siap on call kayak gitu, apalagi saat jam kerja. Tentunya profesi tertentu yang memerlukannya, seperti customer service, salesman, juga profesi saya saat ini :).


Fokus saat berhadapan dengan orang lain juga penting. Kehilangan informasi akibat disela oleh 'Ping' yang mungkin kurang penting, misalnya sekedar menanyakan "Lagi ngapain??" bisa membuat seseorang kehilangan respek dari lawan bicara yang seharusnya menjadi fokus kita saat itu..


Buat Eileen dan Sylvina, semoga kalian tidak lelah menjadi penulis yang baik dan motivator profesionalisme orang Indonesia. Jia you!!
!

2 comments:

kiki said...

jeng aulia...kapan2 ketemuan yuk terus jalan bareng...soalnya aku gak tau nih apa setelah februari aku masih di bogor atau gak....

Lesly Septikasari said...

yuk yuk ketemuan :)

lia, saya juga suka artikel itu, sekarang si ga bisa baca lagi. thanks for sharing