Saturday, January 21, 2006

Hari-Hari Bersama Kembang Kol


Walaupun sekarang adalah waktunya liburan semester, ehm, karena aku harus menyelesaikan tugas akhir, ya...jadilah liburan ini lebih tepat diberi tema “ Hari-Hari Bersama Kembang Kol” ha ha ha...
Selama seminggu ini aku dipusingkan sama tanaman satu ini. Sabtu minggu kemarin, niatnya mau survei harga di Pasar Caringin. Berangkat dari kampus jam 7 pagi. Aduh, itu udah terlalu pagi menurutku. Kiki udah nungguin di Gerbang Ganesha. Kerena buru-buru, aku nggak nyadar kalo semalam sebelumnya hari hujan, dan aku pake kostum main biasa, plus rok abu, sepatu sandal, and kaos kaki putih. Ya ampun, tau donk...ternyata di pasarnya becek luar biasa. Untung Kiki bawa tissue, jadi ya, kita kayak rusa masuk kampung gitu deh, keliatan banget gak pernah masuk pasar tradisional, hehehe...pake ngelap-ngelap sandal yang kotor sambil diliatin pengunjung pasar lainnya.
Selain syok karena kondisi pasar yang becek, yang udah bisa diduga: kita kesiangan! Pedagang-pedagang besar sayuran udah pada pulang, tinggal sisa-sisa sayuran layu dari pedagang kecil. Alhasil, kita pulang dengan tangan kosong, dan selama perjalanan, aku baru kepikiran: Loh, kenapa gak minta tolong ke Pak Juandi aja, ya? Nah, acara selanjutnya adalah menghubungi teman-teman yang punya nomor Pak Juandi. Ada tiga orang yang dihubungi, dan orang terakhirlah yang bisa memberi jawaban. Thaks, Lely!
Hmm, masa pulang dari pasar gak bawa apa-apa sich? Hehehe, karena bete, karena kesiangan ke pasar tradisonal, akhirnya kita ke BEC, sekalian, kata Kiki dia mau cari sarung ponsel. Wah, BECnya ternyata masih tutup. Ya udah, kita ke BIP dulu. Eh, ternyata kita malah termasuk kepagian, loh, di pasar non-tradisonal. Buktinya, Yogya barusan buka, Hipermart juga kayaknya masih sepi pengunjung. Haha! Trus kita survei harganya di Yogya dan Hipermart...Ternyata harga sayuran di kedua toko itu lumayan jauh bedanya. Dan kesimpulannya: di Yogya lebih murah! Tal lupa aku beli sedikit kembang kol di Yogya untuk trial penyusutan batang-daun dan untuk pengeringan. Wah, ternyata penyusutan batang-daun ½ kalinya. Belum lagi dikeringin di suhu ruangan. Lamaaa pisaan. Sekaranga aja belum kering 100 %. So, nanti kalo benerannya harus pake lemari pengering, yup!
O iya, hari itu, setelah ber-sms-an beberapa kali dengan Pak Juandi, akhirnya kita cukup lega karena bapak itu bersedia mencarikan. Heuh...Tapi tenyata, di minggu berikutnya si bapak kena musibah, putranya sakit DHF dan DSS. Jadi, hari Sabtu kemarin (rentang seminggu dengan pencarian ke Pasar Caringin) barulah aku ketemuan sama si bapak dan bayar tanamannya di muka.
Hari Rabu, tanamannya dateng. Uhh...mendadak banget. Tiba-tiba harus ngambil tuh karung di herbarium. Untung dibantuin Tiwi ama Kiki. Terus..mulailah aku bener2 berada di tengah2 lautan kembang kol. Sibuk motongin batang, ngilangin bekicot, nyuci, dan akhirnya diserahin ke Pak Idin coz udah sore dan lagi cape. Untung juga dibantuin ama teman-teman yang baik. Thaks a lot...
Wah, uang tabungan ludes deh buat bayar si kembang kol. Tapi gapa, deh, namanya juga usaha! Belum nanti beli pelarut, pelat, de el el. Kayaknya bakal nguras duit lagi deh...:-( . Tapi doain aja, ya, semoga TAku lancar dan sukses.

2 comments:

Anonymous said...

loh... ko isi commentnya spam smua sih... kasihan....
btw, salam kenal.. ini chaidir, ko ym nya ada di list ym gw juga ya :-/
apa kita pernah kenal?

Anonymous said...

Ahahaha...mana ada pendekar takut ama jalan becek???!!!